Tas saya… Laptop…. Aduh laporan…

Begitulah pekik sesorang saat mengetahui tas miliknya hilang di sebuah mesjid pinggiran jalan seusai shalat Maghrib. Tampak beberapa jamaah ikutan panik bahkan ada yang merasa kehilangan barang juga. “Sepatu saya juga hilang…” begitu katanya.

Pria berpakain rapi dengan stelan hitam putih dan lambang burung garuda di dada kirinya tampak begitu gusar. Pengurus masjid kemudian mengajaknya melihat rekaman CCTV dengan harapan menemukan siapa pelaku pencurinya. Pelakunya tertangkap? Kurang tahu juga😀

Data VS Laptop
jika pria tadi diberikan 2 buah pilihan:

  1. Uang senilai harga laptop yang hilang.
  2. Data atau Harddisk yang ada di laptop yang hilang.

Tentu dia akan memilih data yang ada di laptop tersebut. Data merupakan hal yang paling berharga dari sebuah laptop. Data merupakan sesuatu hal yang tidak tergantikan. Data didapat dengan mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu. Biaya dan tenaga mungkin bisa digantikan namun waktu, siapa yang bisa mengembalikan waktu?

Pengamanan Data
Saat ini sudah banyak sekali teknologi yang memungkinkan melakukan penyimpanan data di internet. Data yang tersimpan di laptop otomatis melakukan sikronisasi dengan tetap penyimpanan data di internet. Jadi kapan melalui perangkat apapun data bisa diakses.

Penyimpanan data di internet yang bisa digunakan secara gratis:

  1. Google Drive  https://drive.google.com
  2. Dropbox https://www.dropbox.com/
  3. Ubuntu One https://login.ubuntu.com/one-redirect

Dan masih banyak lagi media penyimpanan yang tersedia di internet. Silahkan pilih sesuai keperluan. Hal ini bukan saja mencegah kehilangan data dari kecurian namun juga dari rusaknya perangkat yang dimiliki, misalkan hard disk rusak.

Sayang sekali teknologi ini banyak orang yang belum menggunakannya, sehingga begitu terjadi kehilangan data, mereka bingung mau berbuat apa.

Be careful with your data… Be Smart….