image
Ilustrasi eBook di tablet

Membaca di tablet merupakan sebuah kebiasaan baru saat ini. Kebanyakan orang menyukai membaca menggunakan tablet dikarenakan lebih praktis. Jumlah buku yang bisa dibawa tentu tidak terbatas banyak hanya bergantung pada berapa memori yang dimiliki tablet tersebut.

Buku atau artikel yang terdapat pada tablet biasanya disebut dengan e-Book atau buku elektronik. e-Book yang beredar saat ini biasanya disimpan dalam format .pdf. Namun ada juga format lain yang digunakan diantaranya .mobi atau .epub.

Membaca dengan format .pdf terasa lebih kaku dikarenakan format ini besifat fix per halaman. Sehingga besarnya tulisan dan gambar bergantung pada ukuran layar tablet. Kelebihan format .pdf adalah tata letaknya tetap sehingga kalo akan mencetak maka akan persis sama dengan apa yang diperlihatkan pada layar. Format ini cocok untuk buku yang isinya banyak membuat gambar, diagram dan tabel.

Sedangkan format .epub yang lebih fleksibel dalam menampilkan halaman bacaan. Artinya bacaan setiap halaman berbeda- beda banyak isi tulisannya bergantung pada besarnya layar tablet. Format ini sangat cocok untuk bacaan seperti novel.

Lalu mana yang lebih nyaman membaca eBook di tablet atau membaca menggunakan buku langsung? Tentu hal ini kembali kepada diri Anda masing-masing.