Menulis bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan, meskipun hanya menulis untuk blog pribadi. Hal yang paling mendasar agar mempunyai kemampuan menulis yang baik adalah banyak membaca. Bila seseorang rajin membaca maka kemampuan dia untuk menulis akan semakin meningkat. Membaca dalam hal ini adalah membaca apa saja, dari buku komik fiksi sampai ilmu eksak dengan rumus yang rumit.

Kebiasaan membaca memang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Pada umumnya orang malas membaca. Maka beruntunglah orang yang memiliki kebiasaan atau hobi membaca sekalipun hanya membaca novel fiksi.  Nah… gimana caranya supaya mempunyai kebiasaan membaca? Tentu saja caranya adalah dengan mulai membaca. Bacalah sesuatu yang menarik menurut Anda namun tidak terlalu panjang. Kemudian cari penjelasan yang berkorelasi dari bacaan sehingga Anda membaca lebih banyak.

Mmm… jadi teringat konsep belajar yang pernah diajarkan oleh seorang dosen waktu masih duduk dibangku kuliah. Beliau mengatakan jika akan mempelajari sesuatu yang baru maka carilah dan baca buku yang paling tipis dari materi tersebut. Sebab biasanya buku yang tipis hanya menjelaskan materi spesifik sehingga fokus dan mudah dimengerti. Barulah setelah membaca buku yang lebih tebal dan detail.

Setelah membaca lalu gimana supaya bisa menulis? Caranya sudah pasti mulailah menulis. Menulislah dari hal yang menarik bagi Anda dan tidak perlu terlalu panjang. Jangan takut mengungkapkan ide atau cerita di blog Anda. Dengan menulis di blog pribadi maka kesalahan atau kekeliruan bisa dimaklumi namanya juga blog pribadi, suka-suka  gw dong he he he…

Bila telah terbiasa menulis sesuatu ide atau pendapat maka saat menulis sesuatu yang sifatnya serius misalnya Tugas Akhir, Tesis atau Jurnal akan terasa lebih mudah. Teori sih seperti itu ,walaupun tetap aja pusing waktu menulis jurnal😀.

Ingin bisa menulis dengan baik? Mulailah membaca lalu mulailah menulis. Super sekali bukan😀 ?