Ilustrasi Uang Arisan
Ilustrasi Uang Arisan

Siapa tidak pernah arisan? Mungkin yang akan menjawab belum pernah arisan hanyalah anak-anak kecil. Namun anak-anak kecil sudah sering mendengar kata “Arisan” walaupun mereka belum pernah terlibat secara langsung pada kegiatan tersebut. Misalkan ikut ke acara arisan bersama ibunya atau tantenya.

Arisan merupakan sebuah kegiatan yang sudah membumi di negeri ini, bahkan hampir dipastikan tidak ada orang dewasa di negeri ini yang tidak pernah arisan. Boleh Anda berikan komen pada blog ini bila Anda belum pernah sama sekali ikut arisan :))

Aturan dalam permainan arisan sangatlah sederhana, dimana setiap anggota arisan mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu, kemudian ditentukan siapa yang mendapatkan uang tersebut. Pengumpulan uang dan pemenang arisan dilakukan secara periodik, misalkan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Seseorang yang sudah menang atau mendapatkan uang arisan tidak berhak menang lagi pada periode berikutnya sampai semua anggota mendapatkan uang arisan.

Nah… yang menjadi pertanyaan sebenarnya arisan ini budaya dari mana? Kalo kita cari padanan kata Arisan di Google Translate maka akan didapat ” Regular Social Gathering”. Jadi terlihat memang budaya asing tidak mengenal apa yang disebut dengan arisan. Apakah ini merupakan budaya orang Melayu? Dalam artian orang-orang serumpun seperti Malaysia atau Brunei mengenal kegiatan ini? Hal ini juga masih belum dapat diketahui dengan pasti.

Arisan pada umumnya hanya digunakan untuk alasan suatu kelompok individu untuk berkumpul. Tujuan utamanya biasanya antara mereka untuk saling berjumpa bukan untuk kegiatan arisannya sendiri.

Sudahkan Anda menang arisan di periode ini?😀