Acara pernikahan tampaknya sangat banyak di gelar dalam minggu-minggu ini, mungkin disebabkan karena menjelang puasa jadi pada menikah. Sebab kalo sudah memasuki bulan puasa, agak susah melaksanakan pernikahan.

Setiap kita menghadiri acara pernikahan hal yang pasti kita lakukan adalah mengisi buku tamu. Pertanyaannya adalah apakah penganten membaca buku tamu yang sudah diisi tadi. Mmmm… saya sendiri lupa waktu setelah menikah apakah sempat membaca buku tamu yang hadir, seingat saya sih tidak… hehehe….

Lantas kenapa kok sudah ditulis tamu tapi kok gak di baca? Mungkin alasannya:

  • Tulisan tamu jelek-jelek
  • Buku tamu entah kemana karena setelah acara gak tau disimpan dimana.
  • Bikin pusing karena nanti bingung kalo ada yang gak kenal di daftar tamu.
  • Gak penting juga acara juga dah selesai.
  • dan lain sebagainya.

Tergagas sebuah ide sederhana agar penganten dapat dengan mudah mengetahui para tamunya. Setiap undangan yang dikirimkan ke tamu terdapat Barcode. Jadi saat tamu datang maka sang tamu cukup mendekatkan undangannya ke sebuah sensor yang ada di meja penerima tamu. Kemudian bunyi cetiitt… keluarlah nama tamu dan informasi lainnya. Tamu pun tidak perlu lagi  antri menulis namanya di meja penerima tamu sehingga terjadi efektifiktas waktu. Seluruh data akan masuk ke database sehingga keuntungan yang diperoleh adalah:

  • Pengantin langsung tahu berapa jumlah perkiraan  tamu datang
  • Langsung bisa mengetahui siapa yang tidak datang dari daftar undangan
  • Bisa melakukan pencarian nama tamu dengan efektif.
  • Dan berbagai jenis laporan yang diperlukan.

Nah gimana kalo tamu yang lupa membawa undangan? Yah berbagai metoda bisa dilakukan dari yang paling manual sampai yang otomatis.

Sekedar ide gara-gara banyak undangan nikah minggu ini….:D