2 hari yang lalu saat pagi-pagi menyalakan laptop ternyata gagal masuk ke OS Windows, kemudian keluar tampilan Blue Screen. Namun sebelumnya keluar tampilan kalo baterai CMOS sudah habis dan BIOS terkonfigurasi ke setting awal.  Tadinya terpikir ini masalahnya adalah memang Windows yang crash jadi mau install ulang saja. Cuman masalahnya adalah tidak punya CD installer Windows dan sayang juga sebab Windows yang di laptop license. Mulailah bertanya-tanya udah meminjam CD installer kepada rekan-rekan kerja, dan ternyata tidak ada yang punya😀.

Tapi bersyukur juga dengan gagalnya meminjam CD installer, sebab ternyata waktu baca di internet problem ini bisa diatasi hanya dengan mengganti baterai CMOS. Dikatakan bahwa ini adalah hardware failure bukan software failure. Siiplah kalo begitu,  berhubung punya teman mmm… tepatnya pacarnya teman  yang bisa bantu gantiin baterai😀 . Maka serah terima laptop pun terjadi dan pergantian baterai dilaksanakan.

Setelah baterai CMOS di ganti maka ajaib  (l3Bay)… Laptop dapat berjalan secara baik… Dan ternyata baterai CMOS itu tidak mahal kok harganya. Tapi  gak enak mau nyebutin harganya disini sebab takut saya ternyata  dapat harga promo berhubung teman…😀

Jadi kalo baterai CMOS anda sudah bermasalah dengan tanda jam di laptop sering tidak cocok segeralah di ganti. Jangan menunggu kasus dulu seperti yang saya alami. Kejadian jam laptop tidak cocok sudah berlangsung kurang lebih 6 bulan. Memang dasar sok sibuk jadi gak diganti-ganti sampai kena Blue Screen baru ganti…hehehehe….