Internet saat ini tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan mahasiswa saat ini. Dengan internet mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan baik uang terkait dengan bidang  kuliah yang digelutinya atau bukan. Sehingga diharapkan mahasiswa akrab dengan internet. Namun kendala yang dihadapi saat ini adalah ketersediaan akses internet di kampus. Tidak semua kampus memiliki akses internet yang dapat diandalkan, seperti halnya kampus tempat saya mengajar. Akses internet disini dapat dikatakan lebih sering putusnya ketimbang nyambungnya.Selain itu penyedia jasa internet dikota ini pun terbatas tidak sebanyak di kota besar.

Pembangunan infrastruktur internet di negeri ini memang sangat lambat bahkan cenderung jalan di tempat. Bila di bandingkan dengan India yang industri IT berkembang sangat pesat. Bahkan perusahaan di Silicon Valey memberikan sub pekerjaannya kepada perusahaan di India. Infrastruktur internet di India sudah mencapai daerah pelosok yang bahkan belum masuk listrik. Jadi bila listrik masuk ke kampung itu maka kampung tersebut siap online.

Kembali ke permasalahan mahasiswa di kampus tempat saya mengajar, dengan kendala saat ini sangat sulit mengharapkan mahasiswa untuk akrab dengan internet, bukan karena mahasiswa tidak mau namun karena kesulitan akses dan birokrasi untuk mendapatkan koneksi internet. Beruntunglah mahasiswa yang memiliki kesempatan berkuliah di kampus yang memiliki akses internet yang handal, maka dari itu gunakanlah koneksi internet untuk kemajuan studi anda. Sebab banyak rekan-rekan mahasiswa anda diluaran sana yang tidak memiliki akses internet seperti anda.

Posted from WordPress for Android