Minggu ini saya meminta mahasiswa untuk membuat sebuah program sederhana dengan bahasa C. Tugas tersebut mesti di posting di sebuah blog yang mereka miliki. Yah kalo belum punya harus membuatnya terlebih dahulu. Kemudian memberikan URL-nya kepada saya melalui email. Tugasnya tidaklah terlalu sulit bahkan algoritmanya sudah diberikan di kelas sehingga mahasiswa tinggal menterjemaahkannya saja ke dalam bahasa C.

Beberapa email sudah masuk dan sudah saya lihat tugas tersebut di blog mereka. Namun source code dari tugas tersebut sama persis antara satu dengan yang lainnya. Nama variable, tata cara penulisan bahkan jumlah “*” yang digunakan untuk menghiasi tampilan juga sama persis.

Tidak diketahui persis apakah 1 orang yang mengerjakan kemudian yang lainnya nyontek hanya sekedar copy+paste saja atau memang mereka kerjasama untuk membuat program tersebut.

Melihat tugas yang sudah dikerjakan oleh teman bukanlah hal yang tidak boleh namun sebaiknya modifikasilah tugas tersebut. Misalkan rubah nama variabelnya, rubah tampilannya programnya, nama fungsi yang dibuat dan lain sebagainya. Sehingga mengerti juga apa yang sudah dikerjakan oleh temannya.

Kerjasama mengerjakan tugas itu OK tapi mencontek tugas itu TIDAK BIJAK.