Dalam dunia kerja rekomendasi terhadap seseorang agar mendapatkan prioritas untuk mendapatkan pekerjaan merupakan suatu hal yang wajar bahkan akan memudahkan pengambil keputusan untuk menentukan pilihannya. Lalu bagaimana cara mendapatkan rekomendasi tersebut? Rekomendasi bisa didapat dengan meminta kepada seseorang atau tanpa diminta orang lain akan memberikan rekomendasinya kepada pengambil keputusan.

Sesuatu yang perlu disadari oleh orang yang akan meminta rekomendasi adalah bagaimana dia bisa menilai dirinya sendiri, kira-kira layak atau tidak untuk mendapatkan rekomendasi tersebut. Untuk meminta rekomendasi kepada seseorang tentu sebelumnya diperlukan pergaulan atau kerjasama dengan orang tersebut sehingga dia mampu menilai Anda layak untuk mendapatkannya. Bila mengenal Anda dengan baik saja belum tentu orang tersebut akan enggan memberikan rekomendasi karena takut reputasinya pun akan buruk bila ternyata Anda mengecewakan pemberi perkerjaan.

Jadi kunci utamanya adalah jadikanlah diri Anda layak untuk mendapatkan rekomendasi maka diminta atau tidak orang lain akan memberikan rekomendasinya kepada Anda.