Banyak orang yang memiliki kemampuan secara teknis baik namun dihasilkan tidak maksimal. Faktornya kemungkinan adalah orang mengerti teknis secara baik itu tidak dapat mengkombinasikan kemampuannya itu dengan baik sehingga tidak dapat menghasilkan sebuah pekerjaan yang bagus. Kemampuan mengkombinasikan dengan baik itu sebenarnya bisa dilatih dengan melihat pekerjaan yang sudah dihasilkan oleh tenaga profesional di bidang teknisnya.

Misalkan seorang web designer untuk bisa menghasilkan karya yang baik maka dia mesti rajin memperhatikan web yang telah dihasilkan oleh para profesional. Bagaimana seorang profesional itu mengkombinasikan warna, memilih font yang digunakan, me re-touch gambar atau photo yang akan diletakan pada web. Dengan memperhatikan detail ini maka seorang yang sudah memiliki kemapuan teknis tadi akan mampu mengkombinasikan kemampuannya itu dengan baik sehingga menghasilkan karya yang bagus.

Sering sekali menjumpai seorang yang mempunyai kemampuan teknis yang baik namun menghasilkan karya yang buruk.  Bahkan seorang web designer pernah mengundurkan  diri karena hasilnya selalu saya tolak😀. Kunciannya utama adalah bagaimana membiasakan melihat karya-karya profesional maka karya kita pun akan mendekati kesana. Kalo contoh yang baik pun tidak ada di kepala kita bagaimana bisa menghasilkan karya yang baik.

Sekarang bagiamana menemukan karya-karya yang baik itu? Sekarang sudah jaman SocMed silahkan follow mereka yang Anda anggap profesional di bidangnya, lalu perhatikan dengan baik karya-karya mereka.