Menulis bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tentu semua orang bisa menulis namun untuk dapat menulis dengan baik tidaklah mudah. Pemilihan kata-kata dan tata kalimat yang benar untuk mendeskripsikan sesuatu yang akan diungkapkan memerlukan latihan. Latihan menulis saat ini bisa dilakukan dengan menulisnya di blog.

Apakah buruknya sebuah tulisan  dikarenakan penulis tidak menguasai hal yang ditulis? Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak orang yang ahli dalam suatu bidang disiplin ilmu namun saat diminta untuk menjelaskannya dalam tulisan misalnya Tugas Akhir atau Tesis,  penulis tidak dapat melakukannya dengan benar.

“Latihan, latihan dan latihan” merupakan ungkapan yang sering didengar dalam hal apapun agar menjadi ahli dibidang itu. Tipsnya untuk menjadi penulis yang baik  mungkin sederhana hanya 3 langkah  saja yang berputar, yaitu: Tulis -> Baca -> Perbaiki. Namun tentu hal ini tidak mudah dilakukan karena memerlukan ketekunan yang baik.

Tulisan bukan menandakan penulis disini sudah jago menulis tapi sedang belajar untuk selalu menulis dan menulis… latihan dan latihan…. #semangat…