Saat melihat tampilan speed-dials pada browser Firefox seorang teman bertanya itu apa? Dari situ tergelitik untuk sedikit mengulas add-ons yang ter-install pada browser Firefox.

Apa itu Add-on atau Pengaya?
Sebuah perangkat lunak tambahan yang digunakan untuk menambah fungsi dari perangkat lunak utama dan biasanya tidak bisa berdiri sendiri.

Kalo Bahasa Inggris-nya begini :
a piece of software which enhances another software application and usually cannot be run independently

Beberapa add-ons Firefox yang saya gunakan

  1. Speed Dial
  2. Add-on ini berguna untuk menyimpan bookmark atau situs-situs yang biasa dikunjungi. Kelebihan dari add-on spreed dial ini adalah fungsi pembagian kategori setiap bookmark yang dipunyai. Misalkan kategori Kantor, maka isinya adalah web atau situs yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor, Social Network maka isinya adalah web atau situs tentang social network.

  3. Video DownloadHelper
  4. Add-on Video DownloadHelper berguna untuk membantu mendonwload video yang sedang dilihat pada browser. Penggunaannya sangat mudah tinggal tekan tombol kemudian pilih video mana yang akan didonwload

  5. Firebug
  6. Firebug berguna untuk melakukan debug terhadap koding web yang ada.

  7. Awesome Screenshot
  8. Awesome Screenshot berguna untuk men-capture 1 buah page secara keseluruhan, memberikan beberapa keterangan dan bisa langsung upload file gambar tersebut.

Ini Add-ons Firefox yang lainnya.