Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, video, musik dan informasi lainnya, semuanya terletak pada halaman web sebuah website di internet atau jaringan area lokal. Teks dan gambar pada halaman web dapat berisi hyperlink ke halaman web lain pada website yang sama atau berbeda. Web browser memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah yang disediakan pada halaman web. Web browser menggunakan format HTML untuk menampilkan informasi, sehingga penampilan halaman web mungkin berbeda antara browser [ Jacobs, Ian; Walsh, Norman (15 December 2004).].

Untuk dapat menampilkan suatu informasi pada web browser diperlukan format HTML dan CSS. Saat ini teknologi HTML sudah mencapai versi ke 5 yang disebut HTML5 sedangkan CSS sudah mencapai versi 3 yang disebut CSS3. Bentuk format dari HTML5 dan CSS3 ini dikeluarkan oleh World Wide Web Consortium yang selanjutnya diimplementasikan oleh para pengembang pada web browser. Beberapa web browser yang mempunyai banyak pengguna saat ini adalah Chrome, Safari, Opera, Firefox dan Internet Explorer.

Dalam kurun waktu tidak lama lagi Microsoft akan merilis Internet Explorer ver. 9. Microsoft mengklaim bahwa Internet Explorer 100% kompatibel dengan HTML5 dan CSS3, hal ini terlihat pada tabel berikut ini.

Hasil uji kompabilitas HTML5 dan CSS pada web browser versi Microsoft

Microsoft telah melakukan testing terhadap internet explorer 9 dengan menggunakan standar pengujian dari pihak Microsoft dan menghasilkan kompabilitas terhadap HMTL5 dan CSS3 yang hampir sempurna. Namun, bila menggunakan teknik pengujian yang menjadi referensi dari pada web developer yaitu http://www.html5test.com dan http://www.caniuse.com yang ada di internet, maka IE 9 tidak lebih baik dari web browser yang telah ada sebelumnya yaitu Chrome 9, Opera 10, Safari 5 dan Firefox 3.6.

Berikut ini merupakan hasil pengujian kompabilitas web browser terhadap HTML5 menggunakan http://www.html5test.com.

Hasil Tes Web Browser di situs http://www.html5test.com

Tabel dibawah ini merupakan hasil pengujian kompabilitas web browser terhadap CSS3 dari website http://www.caniuse.com

Hasil Tes Web Browser di situs http://www.caniuse.com

Kurang kompabilitas Internet Explorer juga dirasakan oleh para web developer yang mengharuskan memberikan perintah program khusus IE yang sebenarnya tidak dikenali oleh web browser selain IE. Tidak samanya perintah program antara IE dengan web browser lainya untuk suatu fungsi yang sama tentu saja menyulitkan para web developer. Hal ini terjadi kemungkinan dikarenakan keengganan dari pihak Microsoft untuk merubah arsitektur dari IE dan standar pengujian yang digunakan tidak sama dengan web browser lainnya. Bila hal ini berlarut-larut maka IE akan semakin ditinggalkan oleh para penggunanya. Pada tahun 2002 IE digunakan oleh 83% pengguna intenet diseluruh dunia. Namun pada tahun 2005 mulai bermunculan web browser yang lainnya. Sejak itu pengguna IE terus menurun sampai pada tahun 2011 ini didapat data dari http://www.w3schools.com.

Statistik Jumlah Pengguna Web Browser Nov 2002

 

Statistik Jumlah Pengguna Web Browser Jan 2011

Data-data diatas mengharuskan pihak Microsoft melakukan perubahan baik secara desain arsitektur maupun mekanisme pengujian terhadap Internet Explorer agar dapat mengembalikan kejayaannya seperti di era tahun 2002.