Mempunyai beberapa akun di internet memaksa kita untuk mengingat password yang digunakan, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan password yang sama untuk setiap akun di internet. Trik yang bisa Anda digunakan terdiri dari 2 langkah :

  1. Tuliskan sebagian password buku catatan Anda. Hal yang perlu diingat adalah sebagian lainnya yang sama untuk semua password.
  2. Buatlah password yang kuat dan tidak mudah ditebak.

Berikut ini contoh pembuatannya.

  1. Pikirkanlah sebuah PIN untuk password Anda, PIN ini akan digunakan di setiap password, misalkan “27*”. Bagian ini mesti selalu dirahasiakan.
  2. Kemudian pilihlah 3 karakter untuk mengingatkan password itu ke websitenya ,  misalkan yahoo.com maka anda pilih “Yah” atau gmail.com menjadi “Gma”.
  3. Selanjutnya tentukan 4 buah karakter untuk menyambungnya, usahakanlah untuk tidak sama. Misalkan  “88yx” atau “1907”.
  4. Tulislah  bagian password pada langkah 2 & 3 dan simpan pada tempat yang aman, misalkan di dompet Anda. Jadi tulislah:
    Yah88yx
    Gma1907
  5. Ketika menuliskan password maka tambahkan PIN yang telah Anda pikirkan tadi. Letakkanlah didepan atau dibelakangnya. Jadi password Anda menjadi:
    27*Yah88yx atau Yah88yx27*
    27*Gma1907 atau Gma190727*

Cuit cuit…. Anda baru mempunyai password yang kuat dan sulit ditebak. Tetaplah menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun Anda di internet, sehingga bila 1 buah diketahui orang lain maka yang lainnya tidak diketahui.

Buatlah password Anda sendiri sesuai panduan ini namun jangan sama persis yah… setidaknya PIN-nya berbeda😀.