Situs berita yang tersedia saat ini menyediakan berbagai layanan interaktif dengan pengunjung, diantara layanan interaktif yang disediakan adalah komentar pada setiap berita dan mengirim berita ke orang lain melalui email dan menghitung jumlah yang membaca berita tersebut. Pada layanan ini terdapat celah keamanan yang dapat dipergunakan untuk melakukan Statistics Hacking. Hal ini menyebabkan berita yang tadinya tidak popular atau jarang pengunjung menjadi naik dratis jumlah pengunjungnya.

Pada paper ini akan dibahas mengenai teknik pengamanannya. Ada 2 teknik yang akan digunakan. Pertama, teknik membedakan antara manusia dan computer. Kedua, teknik pengelompokan prilaku, contohnya mengantisipasi berulangnya perintah yang sama dari pengunjung dalam jangka yang berdekatan.

Studi kasus yang diambil adalah situs-situs berita terkenal di Indonesia. Situs berita yang tersedia saat ini menyediakan berbagai layanan interaktif dengan pengunjung, diantara layanan interaktif yang disediakan adalah komentar pada setiap berita dan mengirim berita ke orang lain melalui email dan menghitung jumlah yang membaca berita tersebut. Pada layanan ini terdapat celah keamanan yang dapat dipergunakan untuk melakukan Statistics Hacking. Hal ini menyebabkan berita yang tadinya tidak popular atau jarang pengunjung menjadi naik dratis jumlah pengunjungnya.

Pada paper ini akan dibahas mengenai teknik pengamanannya. Ada 2 teknik yang akan digunakan. Pertama, teknik membedakan antara manusia dan computer. Kedua, teknik pengelompokan prilaku, contohnya mengantisipasi berulangnya perintah yang sama dari pengunjung dalam jangka yang berdekatan. Studi kasus yang diambil adalah situs-situs berita terkenal di Indonesia.

Download : Hacking Statistik – Eksploitasi Celah Keamanan Situs Berita Indonesia